Diskon besar di banyak kategori produk.
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Pusing Karena Menjalankan Sekolah Virtual? Tenang Saja Ikuti 8 Tips Ini Moms!

Tips Menjalani Sekolah Virtual – Grace Sly seorang Konsultan dari Amerika membagikan pengalamannya dalam mendidik anaknya selama homeschooling. Karena saat ini sekolah virtual memiliki kesamaan dengan homeschooling maka tips berikut akan sangat membantu para ibu-ibu dalam menemani anak belajar. Tiba-tiba menjadi seorang guru untuk anak sambil mengurus rumah memang bukan hal yang mudah. Tanggung jawab yang dipikul seorang ibu semakin terasa berat, terutama jika itu terjadi bukan karena pilihan, seperti yang terjadi pada banyak keluarga di seluruh dunia saat ini. Jika jam sekolah virtual telah usai, ibu dihadapkan dengan segala pertanyaan dari anak mengenai pelajaran yang tidak dimengerti. Atau bahkan hampir tidak mengerti semuanya. Saat itulah kesabaran perlu ditingkatkan lagi. Untuk membantu anda mempermudah menjalani semua ini, yuk ikuti tips berikut :

Tips Menjalani Sekolah Virtual :

Tips Menjalani Sekolah Virtual
Tips Menjalani Sekolah Virtual

1. Adakan Pertemuan Harian dengan Anak-anak Anda

Pertemuan singkat selama 5-10 menit dengan anak selama sarapan dapat membuat perbedaan antara hari sekolah yang berantakan dan hari sekolah yang menyenangkan. Tinjau tugas sekolahnya dan tanyakan apakah anak anda memiliki pertanyaan atau ada soal yang sulit. Buat list tugas yang sudah dikerjakan dan yang belum dikerjakan, agar tidak ada tugas yang terlupakan. Ada baiknya juga untuk memeriksa kembali di penghujung hari, mungkin setelah makan malam. Ini membantu anda mengetahui potensi masalah sebelum terjadi sehingga anda dapat mengatasinya pada hari berikutnya.

2. Temukan Cara untuk Membuat Perbedaan antara Waktunya Sekolah dan Waktunya di Rumah

Tips Menjalani Sekolah Virtual 1
Tips Menjalani Sekolah Virtual 1

Tips Menjalani Sekolah Virtual – Selama sekolah virtual, semua kegiatan dilakukan di dalam rumah. Memang benar, ketika rumah anda berfungsi ganda sebagai ruang kelas anak-anak membuat batas antara kehidupan rumah dan sekolah bisa jadi kabur. Jadi, bagaimana anda bisa menandai perbedaan yang jelas? Anda bisa menyiapkan ransel yang berisi buku pelajaran sesuai jadwal. Lalu membuat seolah-olah anak akan pergi untuk bersekolah, yang sebenarnya hanya pergi ke ruang belajar. Siapkan juga beberapa camilan di kotak bekal ya. Saat jam sekolah telah usai anak bisa keluar dari ruang belajar dan kembali ke suasana rumah.

3. Sesuaikan Ruang Kerja Mereka Agar Sesuai dengan Gaya Belajar Mereka

Ruang yang terbatas membuat anak harus belajar di ruang seadanya. Tetapi cobalah sesekali untuk memikirkan kebutuhan dan gaya belajar anak anda daripada hanya mengatur ruang umum. Apakah anda memiliki anak yang sangat aktif? Mereka mungkin mendapat manfaat dari meja berdiri atau tempat duduk aktif seperti kursi yang bisa berputar atau bangku goyang.

Tanyakan kepada anak apa kebiasaan yang dia lakukan saat di sekolah. Apakah mereka lebih suka membuat catatan di papan tulis atau di atas kertas? Dengan mengetahui kebiasaan atau hal yang disukainya akan menambah minat anak untuk belajar dan tetap fokus.

Jika anak anda terganggu saat bekerja di ruang tengah, coba tempatkan mereka di ruang lain atau bahkan di sudut ruangan. Di manapun pilihan mereka, sangat disarankan untuk menggantung papan buletin di dinding untuk memasang karya seni, pencapaian, kutipan inspirasional, dan catatan untuk diri mereka sendiri. Dengan begitu anak bisa tetap senang dan terus bersemangat sekolah. Ini juga merupakan tempat yang tepat bagi para ibu untuk meninggalkan pengingat dan catatan penyemangat yang lembut.

Note : Posisikan meja di dekat jendela jika anda bisa. Saat guru berbicara tetapi tidak mendemonstrasikan, kebanyakan anak masih dapat mendengarkan sambil merelaksasikan penglihatan mereka untuk melihat sekilas alam yang menenangkan.

4. Lakukan Istirahat Secara Teratur

Tips Menjalani Sekolah Virtual 2
Tips Menjalani Sekolah Virtual 2

Tips Menjalani Sekolah Virtual – Para guru menyadari bahwa anak-anak membutuhkan istirahat secara teratur, jadi anda tidak perlu khawatir. Tetapi bagaimana jika anak anda membutuhkan lebih sering istirahat daripada yang telah ditentukan gurunya? Ajak anak untuk sejenak meregangkan otot tubuh walau kelas masih berlangsung atau sediakan minuman segar yang dapat mengembalikan tenaganya.

5. Berolahragalah Setiap Hari

Berolahragalah sesering mungkin. Jika cuaca memungkinkan, usahakan untuk sekedar keluar berjalan-jalan. Udara segar dan pepohonan dapat menyegarkan otak, dan anak-anak juga biasanya akan lebih fokus saat kembali ke kegiatan sekolah. Bantu anak-anak menemukan aktivitas luar ruangan yang mereka sukai

6. Bersiaplah untuk Menghidupkan Konsep Akademis

Tips Menjalani Sekolah Virtual 3
Tips Menjalani Sekolah Virtual 3

Tips Menjalani Sekolah Virtual – Untuk memberikan implementasi nyata kepada pelajaran matematika atau sains. Lakukan beberapa eksperimen, seperti saat pelajaran pembagian, anda bisa menggunakan apel atau pizza sebagai contoh.

7. Manfaatkan Sumber Daya Online Gratis

Internet gratis atau wifi harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Untuk pembelajaran anak, anda bisa mendownload beberapa video mengajar sehingga saat anak ada pelajaran yang tidak paham anda bisa menjelaskan dari video itu.

8. Rayakan Kemenangan Sekecil Apapun

Tips Menjalani Sekolah Virtual 4
Tips Menjalani Sekolah Virtual 4

Tips Menjalani Sekolah Virtual – Di sekolah, kesuksesan dirayakan dengan berbagai cara, jadi mengapa harus berbeda saat sekolah-di-rumah? Dengan memberikan penghargaan atas pencapaian anak akan membuat semangatnya semakin meningkat.

Semangat untuk para ibu-ibu yang menjadi pendamping anak saat sekolah virtual. Semoga tips diatas dapat bermanfaat.

Leave a response

telah membeli
45 menit lalu