Diskon besar di banyak kategori produk.
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Strategi Jitu Memulai Bisnis Dropshipper

Bisnis Dropshipper – Ada berbagai banyak usaha yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis online. Jenis usaha online yang dapat dikembangkan pun juga beragam, salah satunya adalah bisnis di bidang marketplace. Pada bidang marketplace sendiri terdapat banyak jenis pekerjaan, misalnya menyangkut saluran pemasaran.

Dalam proses penjualan, sebuah perusahaan yang memproduksi barang, sebagian besar tidak ingin ambil pusing untuk mengurusi distribusi barang ke konsumen. Produsen biasanya fokus memproduksi barang saja, kemudian mempercayakan penjualan produknya ke pihak lain, seperti distributor hingga retail (pengecer).

Pemasaran sendiri dipengaruhi oleh daya tahan barang yang diproduksi. Semakin tahan lama suatu produk, maka suatu perusahaan cenderung menggunakan banyak saluran pemasaran. Namun sebaliknya, jika produk tidak tahan lama, perusahaan akan menggunakan pemasaran langsung tanpa menggunakan perantara. Peluang bisnis dalam pemasaran produk yang dapat dilakukan adalah dengan memulai bisnis dropshiper.

Apakah Dropshipper Itu?

Bisnis Dropshipper1
Bisnis Dropshipper1

Dropship adalah sistem yang mulai banyak bermunculan dan berkembang dengan maraknya marketplace yang terhubung dengan internet. Banyak pihak yang terbantu dengan adanya sistem dropship ini. Baik itu pemasok/supplier, pembeli, maupun pihak yang melakukan dropship itu sendirI. Dropshipper tidak perlu menyimpan stok barang. Jika seorang dropshipper mendapatkan order dari konsumen, maka ia cukup untuk meneruskan order dan detail alamat pembeli ke supplier yang menjual barang tersebut.

Untuk memulai bisnis dropshipper sendiri, kita tidak perlu punya modal untuk bisa menyetok barang. Dropshiper bisa langsung menjual produk hanya dengan gambar dan spesifikasi produk saja kepada konsumen, sehingga praktiknya lebih mudah untuk dijalankan. Dropshipper bisa menentukan keuntungannya sendiri sesuai dengan keinginan. Bahkan moms tetap mendapatkan keuntungan besar dengan menjual sesuai harga pasaran. Apalagi jika harga yang didapat dari supplier cukup murah.

Moms bahkan tidak memerlukan modal untuk memulai usaha online ini. Sebab dropshiper tidak perlu repot melakukan stok barang. Dropshipper juga idak perlu memikirkan bagaimana suatu barang akan diproduksi. Selain itu, dropshipper tidak perlu melakukan proses packaging ataupun pengiriman barang. Dropshipper hanya fokus memasarkan produk saja, yakni cukup pajang foto produk-produk dari supplier di FB, Twitter, Instagram, Whatsaap, dll. Dropshipper juga tidak takut rugi jika barangnya tidak laku atau stok yang ketinggalan zaman.

Apa Saja Keuntungan Menjadi Dropshipper?

Bisnis Dropshipper2
Bisnis Dropshipper2

Sistem dropship dapat memberikan keuntungan bagi banyak pihak yang terjun ke dunia marketplace. Bagi supplier, mereka akan terbantu karena barangnya akan dipasarkan secara luas. Sedangkan bagi dropshiper sendiri, ia bisa menentukan keuntungan berapapun sesuai dengan keinginannya, karena biasanya harga dari supplier sudah cukup murah.

Jam Kerja Bisnis Dropshipper Fleksibel

Menjadi dropshipper cukup menyenangkan karena pekerjaan ini fleksibel sebab tidak terikat pada jam kerja. Moms dapat melakukan bisnis dropshipper ini kapan saja sesuai keinginan. Moms dapat mengatur waktu sesuai keinginan moms, apalagi jika bisnis ini hanya moms lakukan sebagai pekerjaan sampingan.

Mudah dan Efisien

Menjalani sistem dropship, moms tidak perlu melakukan pengecekan barang jualan satu persatu. Moms hanya perlu melakukan penjualan, tanpa perlu melakukan produksi dan pengiriman barang. Tentunya hal ini menyebabkan sistem dropship banyak dipilih karena kemudahan dan efisiensinya sebab moms tidak perlu khawatir jika merugi.

Produk Beragam

Ketika memilih bisnis dropshipper, moms bisa menjual beraneka produk dari berbagai supplier sekaligus. Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi seorang dropshipper. Namun demikian, moms tidak disarankan untuk menjual terlalu banyak jenis barang di awal bisnis. Jika moms baru memulai bisnis ini, sebaiknya cukup menjual 3─5 jenis barang yang berbeda dan usahakan barang tersebut diproduksi oleh satu supplier yang sama.

Menekan Biaya Overhead

Sistem dropship juga membantu menekan biaya overhead. Moms tidak perlu berurusan langsung dengan barang, berarti tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk menyimpanan barang. Hal tersebut juga akan meminimalisir kerusakan dan kehilangan barang, juga tanpa khawatir jika stok barang sudah tidak lagi laku di pasaran.

Dapat Berkembang dengan Cepat

Karena tidak butuh biaya yang besar, maka moms mudah untuk mengembangkan bisnis dropshipper ini. Setelah daftar dropship, moms cukup fokus untuk memasarkan barang ke level yang lebih tinggi dan branding produk dengan konten yang menarik. Jika diperlukan, moms bisa membuat akun media sosial kusus untuk mempromosikan barang jualan. Selain itu, moms juga mempekerjakan beberapa orang untuk menjalankan akun-akun media sosial dropship itu.

Hemat Tenaga

Kelebihan lain sistem dropship, yaitu lebih hemat tenaga. Mengapa bisa demikian? moms tidak perlu melakukan berbagai hal yang biasanya dilakukan oleh penjual konvesional, cukup fokus pada bagian marketing agar barang laku di pasaran. Sedangkan untuk urusan produksi, pengemasan barang, hingga pengiriman barang sudah diurus oleh supplier langsung.

Mudah untuk Dimulai

Dropship sudah dikenal sebagai contoh usaha modal kecil. Makanya, moms tidak perlu pusing jika belum punya modal untuk memutuskan daftar sebagai salah satu orang yang melakukan bisnis dropshipper. Apalagi sampai memikirkan gudang untuk menyimpan stok barang.

Strategi Memulai Bisnis Dropshipper

Bisnis Dropshipper3
Bisnis Dropshipper3

Agar moms dapat mendapat keuntungan dalam menjalankan bisnis ini berikut adalah strategi jitu bagi dropshipper untuk memulai bisnis online dan mendapatkan penghasilan besar bahkan tanpa modal sekalipun.

Mencari Supplier

Masih banyak yang belum paham bagaimana cara menjalankan bisnis dropshipper. Agar bisa memulainya, hal pertama yang harus moms lakukan adalah dengan mencari supplier terlebih dahulu. Pastikan moms menghubungi pihak supplier dengan terlebih dahulu meminta izin untuk membantu menjualnya.

Bahkan moms bisa melakukan perjanjian dengan supplier. Pastikan bahwa supplier yang moms pilih itu terpercaya dengan memiliki kualitas produk yang bagus. Hal ini dapat moms lihat dari review-review konsumen.

Setelah moms menentukan barang apa yang ingin dijual, mulailah bisnis dropshipper dengan melakukan riset supplier. Pilihlah supplier yang terbukti memiliki pelayanan terbaik, kualitas produk baik, dan harga produk yang sesuai dengan kualitas produk. Setelah menemukan barang yang pas dari supplier terpercaya, selanjutnya moms dapat langsung melakukan pemasaran.

Bagaimana Cara Mendapatkan Supplier Barang yang Baik?

Untuk memulai bisnis dropship, pastikan untuk selalu mencari supplier terpercaya. Salah satu tempat mencari supplier terpercaya bisa moms temukan di berbagai marketplace. Terdapat banyak sekali penjual-penjual di marketplace terpercaya yang bisa moms ajak bekerja sama. Untuk dapat mengetahuinya, moms bisa melihat rating yang dari review barang yang telah terjual.

Karena kemudahan bisnis dropshipper, banyak orang yang ingin menjadi seorang dropshipper daripada menjadi seorang reseller. Peluang bisnis sebagai dropshipper akan terbuka luas seiring dengan minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online.

Moms juga dapat meningkatkan penjualan dengan membangun kepercayaan konsumen dengan membangun website. Sebab dengan adanya website, pembeli tidak akan menanyakan mengenai foto produk yang sebenarnya, karena moms memiliki kewenangan yang tidak terbatas pada website milik moms sendiri.

Demikianlah beberapa hal yang harusnya moms pahami jauh lebih dahulu sebelum menjalankan bisnis dropshipper. Pahami berbagai macam hal terbaik untuk memudahkan diri sendiri.

Leave a response

telah membeli
45 menit lalu