Diskon besar di banyak kategori produk.
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Rutinitas Hamil Sehat Anjuran Para Dokter di Dunia!

Hamil Sehat – Setiap wanita yang sudah menikah pasti mengharapkan kehadiran buah hati. Tak ayal sejumlah pasangan terus berupaya untuk mendatangkan sang buah hati. Mulai dari pola makan yang dijaga, aktivitas rutin yang semakin diperhatikan, hingga ritual-ritual keagamaan. Akan sangat gembira bagi keluarga jika calon buah hati telah dianugerahkan.

Rekomendasi Rutinitas Hamil Sehat

Future mom dreaming, making plans and waiting happy her baby angel. Smiling pregnant woman touching her belly resting on the bed looking left

Namun, dalam masa kehamilan sering kali ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bagi Ibu muda, terutama yang baru pertama kali hamil pastinya masih asing dengan rutinitas menjaga kesehatan janin. Maka dari itu, sejumlah dokter dunia merekomendasikan beberapa rutinitas hamil sehat yang telah dipercaya. Penasaran apa saja anjuran kegiatan tersebut? Berikut kami sajikan lebih lengkap dalam artikel ini!

Sering Konsultasi ke Dokter atau Bidan sebagai Langkah Rutinitas Hamil Sehat

Hamil Sehat 2
Hamil Sehat 2

Salah satu rutinitas hamil sehat yang diakui oleh para dokter dunia adalah sering kali melakukan konsultasi perihal janin kepada dokter atau bidan. Moms, tentu bukan menjadi hal yang asing lagi bukan, jika kesehatan janin adalah yang utama? Namun, bukan berarti kesehatan moms diabaikan saja.

Kesehatan keduanya adalah hal yang penting diperhatikan. Terlebih saat masa hamil muda, ini merupakan hal yang sangat rentan sehingga bunda harus memperhatikan apa saja yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan. Kami menganjurkan Anda sesegera mungkin konsultasi ke dokter atau bidan pasca mengetahui kehamilan.

Ketika mengkonsultasikan masalah demikian, maka moms akan mendapatkan pengarahan segala proses persiapan masa hamil hingga melahirkan. Rutinitas hamil sehat yang satu ini harus ada. Bahkan tak jarang pula moms harus rutin memeriksakan kondisi kandungan paling tidak sebulan sekali.

Hal ini guna mengetahui kondisi kandungan di dalamnya. Mengetahui jenis kelamin, posisi bayi, juga bisa dipaparkan dalam konsultasi ke dokter atau bidan. Dengan menjalani konsultasi secara rutin, dokter atau bidan jadi tahu langkah apa yang harus diambil sewaktu-waktu ketika terjadi hal di luar dugaan pada janin.

Memperhatikan Asupan Nutrisi

Hamil Sehat 3
Hamil Sehat 3

Selain konsultasi ke dokter, rutinitas hamil sehat lain yang harus moms lakukan adalah memperhatikan asupan nutrisi. Asupan nutrisi menjadi hal yang penting bagi tumbuh kembang si kecil di dalam perut. Maka tidak heran jika ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Beberapa makanan sehat dan bergizi seperti memperhatikan asupan karbohidrat yang baik seperti halnya roti, nasi atau pasta. Selain itu juga harus perhatikan asupan buah dan sumber protein. Protein bisa berupa daging, telur, dan lainnya. Sementara asupan vitamin dan mineralnya juga tidak kalah penting bagi asupan ibu hamil dan janin.

Di antara rutinitas hamil sehat lain, ibu hamil juga harus lebih memperhatikan kondisi makanan. Seperti halnya konsumsi telur atau daging mentah sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan bisa berakibat pada calon bayinya. Entah itu terinfeksi bakteri atau kecacatan yang bisa kemungkinan terjadi. Konsumsi ikan tinggi merkuri juga tidak diperkenankan.

Melakukan Olahraga Secara Teratur

Hamil Sehat 4
Hamil Sehat 4

Moms, juga tidak hanya memperhatikan asupan nutrisi dan rutin konsultasi. Kegiatan olahraga secara teratur juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang janin. Paling tidak setiap hari moms melakukan aktivitas jalan santai di pagi hari. Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh calon buah hati beserta ibu hamil.

Seperti halnya meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, memulihkan ukuran tubuh pasca melahirkan, dan membantu meringankan rasa sakit ketika melahirkan. Bukan hanya itu saja, beberapa manfaat lainnya hasil dari rutinitas hamil sehat olahraga juga membantu moms meningkatkan sirkulasi darah di bagian tungkak.

Beberapa olahraga yang kami rekomendasikan untuk ibu hamil seperti halnya jalan santai, jalan cepat, pilates, yoga, berenang, senam, dan squat. Tidak terbatas olahraga apa saja sebenarnya. Asalkan hal tersebut menjadikan moms merasa nyaman, maka calon buah hati pun akan merasakan banyak kemanfaatan.

Lakukan Istirahat yang Cukup

Hamil Sehat 5
Hamil Sehat 5

Pada beberapa bulan pertama memasuki masa kehamilan, mungkin moms akan merasa mudah lelah dari biasanya. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan hormon di dalam tubuh moms semakin meningkat. Sehingga perlu adanya bagi moms untuk menjalani rutinitas hamil sehat.

Cepat lelahnya tubuh ibu hamil karena peningkatan hormon sebenarnya merupakan sinyal bagi moms untuk meminimalisir aktivitas. Artinya, pada masa kehamilan muda, moms tidak boleh terlalu lelah. Selain kondisi kandungan yang masih lemah dan berisiko keguguran juga tidak baik bagi tumbuh kembangnya kelak.

Oleh karena itu, lakukanlah istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup sangat penting untuk memulihkan tenaga yang hilang dan memulihkan rasa lelah. Rutinitas hamil sehat yang satu ini tidak jadi masalah jika moms tidak bisa tidur di malam hari. Setidaknya, moms tidur di waktu siang hari. Angkatlah kaki ke atas selama 30 menit untuk meringankan rasa lelah.

Kontrolisasi Emosi

Hamil Sehat 6
Hamil Sehat 6

Selain beberapa rekomendasi di atas, moms juga harus mengontrol emosi diri. Emosi diri sangat penting diperhatikan karena hal ini terkait kondisi kesehatan moms, terutama tekanan darah. Mayoritas ibu hamil memang akan mengalami emosi yang meletup-letup saat diri mereka sedang mengandung.

Namun, jika emosi diri cenderung terlalu sering bisa jadi moms alami depresi. Kembali lagi ke awal, dengan adanya rutinitas hamil sehat konsultasi ke dokter moms bisa ketahui bagaimana cara mengontrol emosi yang meletup-letup. Bahkan sering kali moms merasa tubuh menjadi lemas dalam kurun waktu beberapa minggu.

Pelemasan di tubuh juga harus dikonsultasikan ke dokter. Hal ini menyangkut soal tumbuh kembang si janin. Bukan hanya itu saja, moms juga harus memperhatikan bagaimana asupan makanan yang dikonsumsi. Jika terjadi keluhan, semakin sering konsultasi maka akan semakin baik pula.

Berhenti Merokok

Hamil Sehat 7
Hamil Sehat 7

Rutinitas hamil sehat tidak memasukan daftar wanita hamil merokok itu sehat. Hal ini karena akan berbahaya bagi kondisi kandungan yang ada di dalam perut. Pada kemasan rokok pun sudah tertera, bahwa produk tersebut sangat membahayakan bagi ibu hamil. Tumbuh kembang janin bisa saja terganggu karena kandungan nikotin di dalam rokok.

Akan tetapi, bukan berarti wanita yang tidak hamil boleh merokok. Wanita hamil dilarang merokok karena secara langsung akan membuat janin di dalamnya turut merokok pula. Selain dari pada itu, kondisi bayinya juga akan tidak sehat. Moms juga dianjurkan sering memeriksakan kondisi gigi ke dokter.

Menjaga kesehatan gigi juga merupakan hal yang penting. Rutinitas hamil sehat diupayakan untuk moms melakukan pembersihan gigi seperti halnya menyikat gigi, sering cek ke dokter gigi, dan lain sebagainya. Dengan demikian, impian memiliki janin yang sehat pun dapat terlaksana.

Itulah beberapa rutinitas hamil sehat yang wajib moms ikuti untuk tumbuh kembang si calon buah hati. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, impian sempurnanya tumbuh kembang bayi bisa tercapai.

Leave a response

telah membeli
45 menit lalu