Diskon besar di banyak kategori produk.
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

5 Usaha Ibu Rumah Tangga Sukses

Dearmom – Bagi para wanita yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga, tentu saja mereka akan sangat sibuk dengan semua urusan rumah dan anak. Kendati demikian, masih banyak waktu yang dapat dimanfaatkan sembari mengurus rumah. Idealnya, waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk para ibu mendapatkan sukses. Namun, dalam realitanya, masih banyak ibu-ibu yang tidak mengerti apa saja yang harus dikerjakan atau malah memilih untuk melakukan hal-hal yang terkesan kosong yang malah membuang waktu dengan percuma, seperti bergosip ataupun melakukan arisan. Dalam artikel ini, setidaknya ada 5 usaha yang akan dibahas agar moms dapat mengetahui bagaimana caranya menjadi ibu rumah tangga sukes yang dapat membantu ekonomi keluarga.

Ibu Rumah Tangga Sukses 1
Ibu Rumah Tangga Sukses 1

Ibu Rumah Tangga Sukses : Mengenali Passion

Sebelum masuk ke dalam 5 daftar usaha ibu rumah tangga sukses, mari kita bahas tentang proses mengenali passion. Dalam melakukan sesuatu hal, tentu saja moms harus mengenali passion yang moms miliki. Karena, menurut kami usaha tanpa passion tentu saja akan berakhir dengan sangat cepat.

Passion merupakan sebuah kata berbahasa inggris yang memiliki arti semangat, gairah atau keinginan besar. Lebih dalam lagi, passion merupakan sesuatu hal yang jika moms lakukan akan mendatangkan perasaan bahagia dan puas dalam diri moms.

Ibu Rumah Tangga Sukses 2
Ibu Rumah Tangga Sukses 2

Passion memiliki garis batas yang tipis dengan hobi. Memang, kedua hal ini sama-sama memuaskan dan menyenangkan jika dilakukan. Namun, hobi lebih cenderung bersifat sementara. Sedangkan passion bersifat “selama hidup”. Untuk itu, cukup penting menemukan passion dalam diri moms sehingga dalam melakukan pekerjaan dari rumah, moms akan merasakan semangat membara, senang dan puas ketika melakukannya.

Cara mengenali passion yang moms miliki adalah dengan mereview kembali masa-masa jomblo yang pernah moms lewati. Dalam masa-masa jomblo tersebut, moms harus mencari tau 1 hal apa yang membuat moms merasa bersemangat melakukannya.

Ibu Rumah Tangga Sukses : Mengenali Lingkaran/Circle

Ibu Rumah Tangga Sukses 3
Ibu Rumah Tangga Sukses 3

Setelah moms mengenali passion yang moms miliki, tentu saja langkah berikutnya mencari tau lingkaran yang moms miliki. Hal ini cukup penting, mengingat moms akan berhadapan dengan para calon pembeli yang akan membeli apa yang moms tawarkan. Karena dengan mengenali circle yang moms miliki, moms akan memiliki persentase penjualan yang lebih baik dibanding orang atau brand lain dengan produk yang sama. Karena dalam setiap bisnis, hubungan emosional akan mempengaruhi pelanggan.

Mengenali circle bukan berarti moms hanya mengenali wajah dan nama-nama mereka. Tapi juga kebiasaan, gaya hidup, pekerjaan dsb. Dengan mengenali circle, moms diharapkan mampu memberikan produk sesuai keinginan mereka dan mereka pun akan menjadi pelanggan tetap.

5 Usaha Ibu Rumah Tangga Sukses

Mīlle viae dūcunt hominēs per saecula Rōmam pepatah Latin kuno yang sering kita dengar sejak dulu. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, akan berbunyi : “Banyak jalan menuju ke Roma”. Pepatah ini sangat cocok dalam memotivasi seseorang untuk menjadi sukses namun sementara terbentur dengan tembok . Tidak terkecuali bagi moms. Banyak jalan yang bisa ditempuh untuk moms yang menjadi ibu rumah tangga sukses secara finansial. Berikut adalah 5diantara banyak pilihan yang bisa moms lakukan dari rumah.

1. Menulis

Ibu Rumah Tangga Sukses 5
Ibu Rumah Tangga Sukses 5

Kegiatan menulis merupakan salah satu yang paling banyak digemari oleh ibu-ibu di dunia digital. Selain karena kegiatan ini dapat melepaskan stress, menulis juga merupakan salah satu dari sekian banyak usaha yang dapat dilakukan tanpa modal uang. Banyak cara untuk mendapatkan uang dari menulis. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan diri ke website-website freelance yang sudah diketahui banyak orang.

Sebagai penulis lepas, moms akan memiliki kebebasan untuk melayani pembeli dengan paket-paket beragam yang sudah ditetapkan di sana. Paket-paket ini bertujuan untuk memandu pembeli tapi juga memandu moms dalam menulis. Biasanya, moms akan dibayarkan sesuai dengan ketentuan. Sebuah artikel yang masuk dalam kategori bisa publish atau dengan kata lain 500 kata merupakan ketentuan yang paling minimal. Upah yang ditawarkan juga cukup beragam tergantung di mana moms mendaftarkan diri.

2. Memasak

Apakah memasak merupakan kegiatan yang menjadi passion bagi moms? Jika iya, hal ini pun dapat menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Dengan modal yang moms butuhkan berkisar 2-3 juta, moms bisa memilih untuk berjualan dengan konsep ghost kitchen, pre-order food maupun frozen food.

Adapun ghost kitchen merupakan konsep berjualan dari rumah tanpa harus membuka restoran ataupun tempat makan. Cara melayani pembelian dari konsep ini hanya berlaku pada 1 hal yakni online food delivery. Dengan memaksimalkan kekuatan media sosial, konsep ghost kitchen dapat berjalan dengan baik loh.

Sementara itu, pre-order food merupakan konsep di mana moms membutuhkan circle yang moms miliki. Konsep ini cukup sama dengan konsep ghost kitchen di atas. Letak perbedaannya adalah jika ghost kitchen hanya menjual 1 jenis makanan atau cemilan dengan variasi bumbu, konsep pre-order food menyediakan makanan lengkap dengan mengacu pada ide 4 sehat 5 sempurna. Yang perlu moms siapkan adalah dus makanan lengkap dengan tray yang dapat menaruh 4 jenis makanan dan tentu saja menu yang variatif dan cocok.

Berbeda dengan kedua konsep di atas, menjual masakan dengan konsep frozen food membutuhkan ide-ide menarik yang sedikit berbeda dengan makanan pada umumnya. Misalnya saja tahu isi. Anda tentu tau jika tahu isi harus dimakan selagi hangat kan? Namun, pada kenyataannya banyak penjual-penjual masakan dengan konsep frozen food menjual juga tahu isi. Tahu isi yang sudah digoreng, dimasukkan ke dalam plastik lalu disimpan di dalam freezer sampai ada pembeli yang akan melakukan pembelian. Namun, jika moms ingin melakukan hal ini, kami menyarankan untuk memberikan juga expire date yang jelas pada kemasan ya.

3. Pemandu Olahraga

Jika olahraga menjadi passion bagi moms, tentu saja menjadi pemandu olahraga menjadi pilihan tepat bagi ibu rumah tangga. Bermodalkan sebuah telepon genggam dan pengetahuan berolahraga, aktifitas ini bisa menghasilkan uang. Caranya, moms dapat merekam semua aktifitas olahraga yang moms lakukan untuk membentuk tubuh indah. Selain itu, moms juga dapat memberikan saran bagi para kaum hawa lainnya yang ingin menjadikan tubuhnya lebih sehat dan bugar. Gampang dan murah kan?

4. Vocal Coach

Apakah para penyanyi terkenal hanya memiliki bakat alami dan suara mereka merdu tanpa latihan? Tentu saja tidak! Mereka juga memiliki usaha berlatih yang mereka lakukan. Nah, jika bernyanyi merupakan passion yang moms miliki, vocal coach merupakan salah satu pilihan utama yang dapat moms lakukan untuk mendapatkan uang. Bermodal suara yang bagus dan pengetahuan tentang teknik-teknik bernyanyi, moms bisa merekam dan membagikan ilmu bernyanyi pada plaform yang sesuai. Misalnya saja di YouTube ataupun Facebook. Dengan melakukan ini, moms akan mendapatkan atensi dan dengan atensi, moms akan mendapatkan pelanggan yang ingin belajar.

Dalam era teknologi yang berkembang secara pesat seperti sekarang, bukanlah hal mustahil untuk moms melakukan coaching via aplikasi-aplikasi perpesanan. Seperti zoom atau yang sejenisnya. Jadi semakin gampang kan? Ayo dimulai, moms!

5. Les Private

Mengajar bukanlah untuk semua orang. Beberapa orang yang bahkan memiliki kecerdasan intelektual di atas rata-rata tidak mampu untuk melakukannya. Apakah moms memiliki kemampuan serta passion di bidang ini? Jika iya, maka les private dapat moms lakukan untuk mendapatkan uang. Mata pelajaran yang akan moms ajarkan, tentu saja harus dipilih baik-baik sesuai pengetahuan ya moms! Biar moms tidak bingung ketika ada anak yang bertanya.

Demikianlah artikel singkat tentang 5 usaha ibu rumah tangga sukses. Jika moms memiliki pertanyaan, silahkan ketik dan kirim di kolom komentar atau melalui email yang tersedia ya. Selamat mencoba dan semoga dapat menjadi ibu rumah tangga yang sukses, moms!

Leave a response

telah membeli
45 menit lalu