Diskon besar di banyak kategori produk.
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Cara Mencuci Tangan dengan Benar

Tangan merupakan salah satu organ terpenting manusia. Selain berfungsi sebagai penyeimbang tubuh ketika berjalan, tangan juga memiliki fungsi lain. Seperti makan, minum, membersihkan tubuh, dan aktifitas-aktifitas normal lainnya. Tanpa tangan, seseorang akan kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang penting bagi tubuh.

Karena beberapa kebiasaan manusia seperti yang sudah disebutkan di atas, tangan merupakan tempat berkembang biak bagi banyak bakteri. Sebabnya adalah dalam melakukan rutinitas, banyak sekali hal yang dipegang oleh seorang manusia yang memiliki tangan.

Dilansir dari Jurnal Analis Kesehatan Klinikal Sains (2017) yang ditulis oleh Shofri Yanti Oktaviani, Nursyamsi Mas’ari menyebutkan :

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling mudah terkontaminasi oleh bakteri terutama pada kulit tangan, karena tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering melakukan kontak dengan lingkungan. Bakteri yang banyak terdapat pada kulit antara lain Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis, Micrococcus, Streptococcus alpha, Nonhemolyticus dan Basilus.

https://core.ac.uk/download/pdf/287316739.pdf

Dengan fakta tersebut di atas pada masa pandemi seperti sekarang ini, manusia yang biasanya melakukan banyak aktifitas dengan menggunakan tangan perlu untuk mencucinya sebelum menggunakan tangan agar terhindar dari virus COVID-19 yang memiliki karakteristik sama dengan bakteri-bakteri yang telah disebutkan. Bagaimana cara mencuci tangan dengan benar? Baca artikel ini sampai selesai ya.

Cara Mencuci Tangan dengan Benar : 20 Detik

Washing hands in the bathroom

Mencuci tangan bisa jadi hal yang sangat tidak efektif jika dilakukan dengan tidak benar. Menurut survei yang kami lakukan terhadap 100 orang, 85 diantaranya hanya mencuci tangan kurang dari 10 detik. Mulai dari tidak teredukasi secara baik hingga terburu-buru, merupakan alasan bagi mereka.

Jurnal kedokteran Sinaps Vol. 1 No. 1 (2018) yang ditulis oleh Arthur H.P. Mawuntu, Janri Tumbal, Michelle Pontoh dan Yanti Mewo menyebutkan bahwa :

Teknik mencuci tangan dapat dikerjakan menggunakan hand rub atau sabun cair di bawah air mengalir. Saat menggunakan hand rub, lama cuci tangan adalah 20-30 detik sedangkan di bawah air mengalir 40-60 detik. Teknik mencuci tangan dengan enam langkah bertujuan agar seluruh permukaan tangan berkontak dengan zat antiseptik dan dengan demikian akan membunuh kuman secara maksimal.

http://jurnalsinaps.com/index.php/sinaps/article/download/16/8

Dengan demikian, untuk menghindari bakteri berkembang biak secara masif pada area tangan, moms harus mencuci tangan sesuai petunjuk di atas ya.

Cara Mencuci Tangan dengan Benar : 6 Langkah

Menurut WHO (World Health Organization), mendistribusikan sabun atau pembersih tangan ke tangan sendiri sebaiknya dilakukan dalam 6 langkah. Seperti gambar yang terlampir mulai dari nomor 2-7. Karena dengan melakukan 6 langkah ini, seluruh bagian tangan tidak ada yang terlewati.

Cara mencuci tangan dengan benar sesuai anjuran WHO
Cara mencuci tangan dengan benar sesuai anjuran WHO

Dengan tidak terlewatinya bagian-bagian tangan, maka bakteri dan kuman akan mati seketika sehingga kesehatan tetap terjaga.

Kapan Harus Mencuci Tangan?

Person is washing hands with soap. Protection against coronavirus. Prevention, hygiene to stop spreading virus.

Kuman-kuman yang ada di tangan, pada dasarnya dapat bermigrasi dengan cepat. Apalagi jika Anda tidak melakukannya dengan tepat. Karena hal diatas, inilah beberapa waktu untuk menjawab kapan harus mencuci tangan agar terhindar dari kuman, bakteri dan penyakit.

  1. Sebelum dan sesudah makan
  2. Sebelum menyiapkan makanan
  3. Sesudah memegang daging
  4. Sesudah berinteraksi dengan orang sakit
  5. Sesudah menggunakan kamar mandi
  6. Sesudah batuk, bersin atau membuang air hidung
  7. Sesudah mengganti popok atau pembalut
  8. Sebelum dan sesudah mengobati luka
  9. Sesudah membersihkan rumah
  10. Sesudah membuang sampah
  11. Sesudah menyentuh hewan
  12. Sesudah menyentuh benda-benda di luar rumah (pintu, tombol lift, pegangan eskalator, cup, dsb)

Langkah-langkah yang harus dilakukan pun harus sama dengan 6 langkah yang sudah disebutkan di atas agar kita terhindar dari kuman dan bakteri pada umumnya dan virus corona pada khususnya.

Beragam Penyakit Ini Bisa Ditangkal Dengan Rutin Mencuci Tangan

Man washing hands in modern sink with soap and lathering suds to protect against the coronavirus

Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun antiseptik bisa menjadi tindakan paling optimal untuk penyebaran kuman di sekeliling kita. Terlebih di tengah kebingungan global karena ada virus corona. Virus corona sudah memporak-porandakan segala segmen kehidupan. Baik dari sisi ekonomi, kesejahteraan hingga sosial. Hampir negara di dunia terkonfirmasi terjangkit Corona.

Badan Kesehatan Dunia sudah mengeluarkan himbauan kesehatan untuk pencegahan sekaligus agar virus tidak tersebar lebih luas. Salah satu pencegahan yang dimaksud adalah menjaga dan memastikan tangan dalam kondisi bersih. Meskipun terdengar sangat sederhana, tapi nyatanya dengan melakukan cara mencuci tangan dengan benar, virus dan bakteripun akan mudah untuk dihilangkan.

Global Handwashing Partnership yang beranggotakan lembaga dunia seperti USAID, Bank Dunia dan UNICEF mempromosikan kampanye mencuci tangan karena banyak manfaatnya. Bagi yang penasaran, berikut beragam penyakit yang bisa dicegah dengan mencuci tangan secara rutin:

Diare

Data dari WHO menyebutkan jika diare menyebabkan kematian hingga 525 ribu yang didominasi usia anak-anak per tahunnya. Angka tersebut membuat diare menjadi penyakit yang mematikan bagi anak-anak di seluruh dunia.

Angka kematian tersebut disebabkan karena infeksi bakteri yang berasal dari kotoran manusia yang akhirnya mengkontaminasi air, makanan dan peralatan masak. Penyakit ini bisa dicegah dengan sering mencuci tangan dan memastikan berbagai peralatan dicuci dengan bersih.

ISPA

Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA adalah penyakit yang cukup ganas tapi disebabkan karena hal sepele. ISPA yang didalamnya ada pneumonia menjadi faktor terbesar kematian anak di bawah umur. Menurut data yang dikeluarkan UNICEF, 13% kematian anak di seluruh dunia disebabkan karena penyakit ini.

Menariknya, penyakit ini bisa diatasi dan dicegah dengan rutin mencuci tangan. Dengan melakukan cara mencuci tangan dengan benar menggunakan 6 langkah yang telah disebutkan di awal, bisa membuat patogen berbahaya sehingga mengurangi kemungkinan infeksi pada anak.

Flu dan Selesma

Mencuci tangan dengan benar secara rutin bisa juga menghambat berbagai penyebaran virus yang menyebabkan flu dan juga selesma. Berbagai virus yang menyebabkan penyakit ini bisa menempel di tangan yang bermula dari bersin dan batuk kita.

Meskipun terkesan sederhana, tapi flu dan selesma bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis yang tidak bisa dibendung kedatangannya. Untuk mencegahnya, Anda bisa rutin mencuci tangan menggunakan sabun. Pastikan menerapkan 6 cara mencuci tangan dengan benar sesuai dengan yang sudah dipandukan di atas.

Infeksi karena perawatan medis

Disebut sebagai infeksi nosokomial, infeksi yang terkait karena perawatan media rumah sakit bisa menjangkit 15,5% dari total pasien yang ada di negara berkembang, termasuk indonesia. Infeksi ini tergolong berbahaya dan menjadi perhatian besar bagi WHO serta rumah sakit terkait.

Kenapa bisa begitu? Karena dengan infeksi tersebut, infeksi lain bisa menyebar juga. Akhirnya, perawatan pasien di rumah sakit malah menjadi lebih lama. Bahkan bisa meningkatkan risiko menyebar ke pengunjung rumah sakit. Ini alasan kenapa di rumah sakit banyak tempat atau spot untuk mencuci tangan. Manfaatkan itu dengan baik ketika berkunjung ke rumah sakit agar pulang tidak membawa penyakit

Mencuci tangan yang benar juga bisa mencegah berbagai penyakit kulit seperti kolera, gatal-gatal dan sebagainya. Cacingan juga bisa dicegah dengan rutin mencuci tangan. Manfaat yang diberikan ini bisa lebih luas jangkauannya. Tidak heran Anda harus menggalakkan kegiatan mencuci tangan secara rutin mulai sekarang. Manfaatkan sabun agar berbagai penyakit ini bisa dihindari.

Leave a response

telah membeli
45 menit lalu