Diskon besar di banyak kategori produk.
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Apa Itu Afiliasi, Bagaimana Mekanisme, dan Apa Kelebihannya?

Seiring berkembangnya marketplace, juga terdapat banyak peluang untuk memulainya sebagai ladang bisnis. Kini bermunculan berbagai profesi baru yang berkaitan dengan pemasaran produk, salah satunya adalah sistem afiliasi. Afiliasi sendiri merupakan cara mengembangkan pemasukan dengan cara mendaftarkan diri moms pada perusahaan yang sedang membuka peluang untuk menjualkan produknya dengan cara afiliasi. Sehingga, seorang individu atau badan usaha itu akan memperoleh keuntungan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Apa Itu Bisnis Afiliasi?

Afiliasi
Afiliasi

Sistem kerja afiliasi pun sangat mudah dan pastinya menguntungkan. Karena hal inilah, moms bisa memasarkan produk melalui media yang terhubung dengan internet, misalnya situs website, instagram, facebook, twitter, dll. Moms juga bisa melakukannya dengan menawarkan produk kepada teman-teman secara langsung. Keunggulan sistem pemasaran ini, Moms tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Sebab pada sistem afiliasi, hanya butuh memasarkan link afiliasi di media yang bisa Anda pilih.

Affiliate marketing memungkinkan Moms untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan mempromosikan produk dengan kode referral yang disediakan pada suatu perusahaan tempat mendaftar. Moms akan mendapatkan keuntungan dari komisi penjualan jika ada konsumen yang membeli produk menggunakan kode referral Moms.

Bagaimana Mekanisme Menjadi Seorang Afiliasi?

Afiliasi
Afiliasi

Tertarik dengan bisnis afiliasi ini? Jangan khawatir, Moms bisa memulainya dengan cukup mudah. Memulai bisnis ini bukan hal yang sulit. Selama Moms memiliki kemauan untuk mempelajari affiliate marketing dan media promosi, Moms bisa mendapatkan pemasukan dari bisnis ini. Berikut adalah mekanisme menjadi seorang afiliasi.

Daftar Program Afiliasi

Afiliasi
Afiliasi

Langkah pertama yang harus Moms lakukan untuk menjadi afiliasi adalah mendaftar program affiliate marketing. Moms dapat mendaftarkan diri di perusahaan tertentu yang memiliki sistem kerja afiliasi. Meskipun setiap perusahaan mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, namun ada beberapa hal umum yang pasti dibutuhkan untuk semua program afiliasi.

Riset Program Affiliate Marketing

Afiliasi
Afiliasi

Ada baiknya jika Moms mengenal terlebih dahulu perusahaan yang Moms minati untuk bergabung menjadi afiliasi. Moms dapat melakukan riset program apa saja yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Berikut adalah beberapa faktor yang mesti Moms pertimbangkan saat memilih program afiliasi.

  • Relevansi produk/layanan. Moms harus memastikan bahwa produk atau layanan yang Moms tawarkan sesuai dengan media yang digunakan untuk berpromosi.
  • Setiap perusahaan penyedia afiliasi pasti menjelaskan persentase komisi yang mereka tawarkan. Pastikan persentasenya sesuai dengan yang Anda harapkan.
  • Pengguna afiliasi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memastikan kualitas program afiliasi adalah dengan melihat penggunanya. Selain melihat reputasinya, Moms juga bisa tahu apakah program pada perusahaan tersebut menguntungkan bagi Moms atau tidak.

Menentukan Media Promosi

Afiliasi
Afiliasi

Tentunya Moms membutuhkan media promosi karena yang akan lakukan adalah mempromosikan produk. Moms bisa membuat media sosial khusus untuk memasarkan produk Moms. Selain itu Moms juga bisa menggunakan channel YouTube untuk mempromosikan produk affiliate marketing. Namun, pastikan terlebih dahulu kalau media promosi yang Moms gunakan adalah media yang diperbolehkan oleh penyedia program afiliasi.

Membangun Pengetahuan tentang Produk

Afiliasi
Afiliasi

Jangan sampai Moms memberikan informasi tidak benar mengenai produk yang akan Moms tawarkan kepada konsumen. Informasi mengenai spesifikasi produk yang tidak sesuai bisa menurunkan kepercayaan calon pembeli. Jika ini terjadi, maka akan berdampak pada menurunnya minat calon pembeli untuk membeli produk Moms. Jadi pelajari baik-baik produk yang akan Moms promosikan agar review Moms terpercaya.

Promosi Produk

Afiliasi
Afiliasi

Setelah Moms mendaftarkan diri di suatu perusahaan, kini saatnya Moms mempromosikan produk dari perusahaan tersebut, baik di situs website maupun media sosial yang Moms miliki. Selanjutnya, Moms dapat memulai affiliate marketing dengan membuat konten semenarik mungkin untuk menawarkan produk kepada calon konsumen. Jangan lupa untuk menyisipkan kode referral yang Moms dapatkan dari perusahaan pada konten Moms.

Apablia Moms belum pernah mempromosikan produk, tidak apa-apa. Moms bisa belajar sekaligus mempraktikkannya. Moms bisa mempelajari cara promosi produk dari affiliate marketer yang lain. Moms bisa mempelajarinya dari laman website dan media sosial yang mereka gunakan. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menyediakan pelatihan pemasaran kepada para anggota program afiliasinya. Jadi Moms tidak perlu khawatir jika tidak punya pengalaman dalam mempromosikan produk, karena Moms bisa mempelajari sistem afiliasi ini.

Konsumen Menggunakan Kode Referral Milik Anda

Jika ada calon konsumen yang tertarik dengan produk Moms, ia akan membeli produk dengan menggunakan kode referral yang Moms letakkan di media promosi Moms. Calon konsumen biasanya akan mendapatkan diskon tambahan setelah menggunakan kode referral Moms.

Mendapatkan Komisi

Setelah konsumen membeli produk dengan memasukkan kode referral yang Moms miliki, maka Moms akan mendapatkan komisi dari penjualan produk.

Cara kerja affiliate marketing yang dijelaskan tersebut adalah mekanisme yang paling umum digunakan pada perusahaan. Perlu Moms ingat, bahwa mekanisme kerja di setiap perusahaan penyedia afiliasi bisa berbeda-beda. Sebelumnya, pastikan Moms telah membaca syarat dan ketentuan sebelum mendaftar program afiliasi.

Apa Saja Kelebihan Bisnis Affiliate Marketing?

Afiliasi
Afiliasi

Proses yang Mudah

Meskipun mekanisme perusahaan penyedia program afiliasi mempunyai syarat dan ketentuan berbeda-beda. Namun, umumnya perusahaan menerapkan cara kerja afiliasi yang sama. Moms mendaftar sebagai affiliate marketer, lalu mendapatkan kode referral. Setelah itu Moms dapat mulai mempromosikan produk. Lalu untuk langkah terakhir, Moms baru mendapatkan komisi jika ada pembeli yang memasukkan kode referral Moms.

Biaya yang Murah

Terdapat dua jenis perusahaan yang menyediakan program affiliate marketing. Yakni perusahaan yang mensyaratkan pendaftaran dengan terlebih dahulu membeli produknya. Dan perusahaan yang tidak memberikan syarat pendaftaran. Artinya, Moms tidak harus membeli produk perusahaannya untuk mendaftar program afiliasi.

Menjadi Passive Income

Passive income atau penghasilan pasif kini bisa Moms dapatkan melalui sistem afiliasi. Dengan satu postingan produk saja, Moms bisa menghasilkan uang dari orang-orang yang membeli produk melalui link yang Moms cantumkan di media promosi.

Jam Kerja Fleksibel

Keuntungan lain yang Moms dapatkan dengan menjalankan bisnis afiliasi adalah Moms tidak terikat oleh jam kerja. Moms bisa mengatur kegiatan afiliasi Moms secara fleksibel sesuai yang Moms inginkan.

Tidak Terbatas Pada Satu Affiliate

Jika Anda ingin memperbanyak produk yang Moms promosikan, Moms tidak perlu khawatir. Moms bahkan juga bisa mendaftarkan diri pada banyak perusahaan penyedia afiliasi. Namun pastikan terlebih dulu bahwa tidak ada syarat dan ketentuan yang bertabrakan dengan perusahaan lainnya.

Mendapatkan Penghasilan Utama

Jika Moms menekuni affiliate marketing, tentunya tidak hanya untuk tambahan pemasukan saja. Moms bisa menjadikan afiliasi sebagai penghasilan utama Moms. Bahkan Moms bisa memperejakan orang untuk menyokong bisnis Moms menjadi usaha yang lebih besar. Moms dapat manfaatkan waktu luang untuk memperdalam kembali ilmu tentang bisnis afiliasi.

Ini menjadi beberapa hal yang perlu Moms pahami terkait affiliate marketing. Kalau moms tertarik, moms bisa memulai dari sekarang! Selamat mencoba, moms!

Leave a response

telah membeli
45 menit lalu