Diskon besar di banyak kategori produk.
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

9 Aktivitas Seru yang Bisa Menstimulasi Anak Bicara!

Menstimulasi Anak Bicara – Mendengar bayi sedang belajar berbicara pada usianya masih 1 tahun rasanya pasti menggemaskan, anak tersebut pasti terus mencoba menirukan apa yang dikatakan sekelilingnya. Ternyata kebiasaan meniru adalah sebuah cara bayi belajar berbicara. Agar mendukung momen luar biasa bayi sekarang ini, ibupun dapat ikut membuat game atau permainan yang bisa melatih anak mengucapkan kata-kata.

Anak bisa tumbuh secara alami, kemampuan berbicara maupun verbal anak lebih optimal perkembangannya secara tepat. Pada umumnya, stimulus diberikan yaitu berupa paparan pada pembicaraan maupun bunyi secara teratur, sehingga otak anak secara mudah kenali banyak bunyi serta mereproduksi menjadi kata-kata yang dibicarakan anak.

Pada usia 3 tahun, anak mulai menunjukkan kepintarannya berbicara dengan mengucapkan banyak kata yang sudah diterimanya. Meskipun kadang tidak begitu jelas, tetapi hal demikian, aktivitas seru yang bisa menstimulasi anak bicara harus terus dilakukan sambil didampingi serta diarahkan supaya bisa mengucapkan kata secara benar.

Kemampuan bicara bayi diawali dari upaya untuk menirukan, biasanya muncul kata papa atau mama maupun kata lainnya yang sederhana. Stimulasi diberikan memiliki peran besar terhadap kemampuan anak berbicara di usia dini. Mengingat interaksi terjadi sangat intens, ibu menjadi media belajar bagi si kecil.

Agar dapat merangsang kemampuan verbal, ibu dapat melakukan beberapa hal berikut ini, terdengar begitu dini bagi si kecil yang memiliki usia antara 3 sampai  tahun, tetapi aktivitas seru yang bisa menstimulasi anak bicara tersebut terbukti ampuh, beberapa aktivitas yang dapat dilakukan diantaranya.

Menirukan suara

Menstimulasi Anak Bicara - Menirukan Suara
Menstimulasi Anak Bicara – Menirukan Suara

Menirukan suara bisa melatih respon anak belajar bicara dan memahami bahasa. Ibu dapat memulai menirukan suara sekitar atau binatang, misalnya sapi maupun kucing. Selain itu, mencoba mengajar kata sederhana terdiri dari 2 sampai 3 suku kata serta dapat digunakan sehari-hari. Seperti kata ayah, ibu, bobo, minum, serta sejenisnya. Pada dasarnya, huruf diucapkan dengan posisi bibir yang mengatup, misalnya B, M dan P sehingga lebih mudah diucapkan jika dibandingkan dengan huruf diucapkan menggunakan ujung lidah misalnya C, N dan R.

Seringnya melakukan aktivitas seru yang bisa menstimulasi anak bicara dengan interaksi diantara anak serta ibu didominasi intruksi maupun perintah. Bukan berupa perintah keras maupun kasar, tetapi ini adalah model komunikasi searah. Hal tersebut tidak salah, karena anak harus banyak arahan dari ibunya. Tetapi, komunikasi terjadi lebih baik apabila berupa komunikasi 2 arah.

Artinya, ibu harus sering bertanya tentang pendapat anak, maupun meminta respon apa yang ibu sampaikan. Maka itu, anak memiliki upaya merespon merangkai kata, hingga kemampuan bicara terasah dengan aktif. Upayakanlah terjadi sebuah perbincangan bersama anak.

Bernyanyi

Menstimulasi Anak Bicara - Bernyanyi
Menstimulasi Anak Bicara – Bernyanyi

Nyanyikanlah lagu favorit maupun lagu semangat dengan bayi! Ibu dapat menyanyikan lagu anak yang dulu sering dinyanyikan ibu waktu kecil, misalnya kebunku, topi saya bundar, pelangi, serta lainnya. Aktivitas seru yang bisa menstimulasi anak bicara yang satu ini semakin seru apabila terdapat gerakan-gerakan tertentu sehingga dapat diikuti bayi ketika nyanyi. Melalui bernyanyi, ibu tidak hanya melatih anaknya berbicara, namun juga bisa mempelajari kata yang baru.

Pengenalan Musik

Menstimulasi Anak Bicara - Pengenalan Musik
Menstimulasi Anak Bicara – Pengenalan Musik

Pengenalan alat musik serta main bersama alat musikpun dapat merangsang kemampuan verbalnya dengan baik. Rangsangan diberikan musik serta memainkan alat merupakan stimulus yang efektif terhadap kemampuannya berbicara, kenali suara, identifikasi kata serta kemampuan verbal lainnya.

Main dengan Menghubungkan Titik

Menstimulasi Anak Bicara - Menghubungkan Titik
Menstimulasi Anak Bicara – Menghubungkan Titik

Anak tentu penasaran ketika melihat kakaknya maupun orang yang dewasa memainkan alat tulis. Agar dapat merasakan pengalaman sangat menyenangkan, segera ajak main menggambar dengan mengikuti titik-titik menggunakan pensil warna. Ibupun bisa menggunakan media lainnya, misalnya krayon. Sebelum mulai, ibu dapat mengajari anak cara memegang pensil maupun krayon dahulu. Sesudah itu, mulai ajarkan ikuti pola titik-titik menggunakan bentuk sederhana, misalnya huruf I maupun O. Apabila anak mulai terbiasa, aktivitas seru yang bisa menstimulasi anak bicara yang satu ini dapat perlahan-lahan membiarkan melakukannya sendiri.

Pengenalan Warna

Menstimulasi Anak Bicara - Pengenalan Warna
Menstimulasi Anak Bicara – Pengenalan Warna

Selain gambar ikuti pola titik-titik, ibupun bisa melakukan dengan memperkenalkan nama warna menggunakan kertas warna maupun mainan favoritnya. Ibu bisa mulai memintanya tunjukan benda yang mempunyai warna menarik, kemudian memberitahukan nama warnanya. Mintalah bayi agar mengucapkannya, kemudian ulangi warna-warna lainnya. Sesudah mulai terlatih mengenal warna-warna, ibu dapat mengajaknya sebutkan warna di makanan maupun tumbuhan.

Pengenalan Bagian Tubuh

Menstimulasi Anak Bicara - Pengenalan Bagian Tubuh
Menstimulasi Anak Bicara – Pengenalan Bagian Tubuh

Aktivitas seru yang bisa menstimulasi anak bicara dengan kenalkan bagian tubuh sendiri, dimulai menunjukkan tubuh-tubuh tertentu sambil sebutkan seperti hidung, bibir, serta seterusnya. Mintalah mengulang ucapan ibu, sambil sentuh bagian tubuhnya. Ibu dapat melatih bayi yang aktif bicara dengan menanyakan apa nama-nama bagian tubuh ditunjuk. Melalui cara yang satu ini, ibupun sekaligus dapat mengajari kenali anatomi tubuh.

Membaca Buku Anak

Menstimulasi Anak Bicara - Membaca Buku Anak
Menstimulasi Anak Bicara – Membaca Buku Anak

Aktivitas seru yang bisa menstimulasi anak bicara dengan mengajak anak membaca buku bisa menumbuhkan minat baca, namun bermanfaat agar dapat melatih anak berbicara. Ketika ibu dongeng, bayi berusaha menyerap serta merekam kata-kata ucapan ibunya. Berceritalah dengan perlahan-lahan sambil tunjukan ekspresi lucu supaya tertarik. Aneka gambar serta warnanya yang terdapat pada buku dapat memudahkan bayi menghafal makna cerita didalamnya.

Main Hand Puppet

Menstimulasi Anak Bicara - Hand Puppet
Menstimulasi Anak Bicara – Hand Puppet

Bayi tertarik sekali dengan yang bersuara serta bergerak, maka itu cobalah menggunakan hand puppet sebagai media agar melatih anak untuk berbicara. Gerakan boneka untuk bercerita dan berbicara. Ketika melihatnya, bayi tentu ingin mencoba lakukan hal sama dengan menggunakan boneka tersebut. Iapun bisa berlatih bicara serta berimajinasi koleksi kata yang sudah dimiliki.

Main Flashcard

Menstimulasi Anak Bicara - Main dengan Flashcard
Menstimulasi Anak Bicara – Main dengan Flashcard

Cara paling efektif memperbanyak kata bayi dapat menggunakan flashcard maupun disebut istilah tebak gambar. Tunjukkan kartu terhadap bayi serta menyebutkan nama dari gambarnya. Mintalah bayi mencoba ulangi yang dikatakan ibu. Ketika telah terbiasa, coba untuk minta bayi tunjukan kartu terhadap gambar sesuai dengan bahasa yang dikatakan ibu. Perhatikanlah usahanya agar menemukan kartu dengan benar. Aktivitas seru yang bisa menstimulasi anak bicara yang satu ini sekaligus bisa tingkatkan kecerdasan otak bayi.

Anak tumbuh serta kuat, tentunya menjadi dambaan para ibu. Setiap harinya selama pertumbuhan, selalu menjadi momen emas tidak terlupakan. Sebuah momen biasanya ditungu-tunggu yaitu saat anak mampu ucapkan kata pertamanya. Kata apapun, menjadi kenangan yang manis bagi kedua orang tuanya.

Kemampuan akan berkembang secara sendirinya seiring banyaknya kosakata didengarkan anak. Saat anak terpapar interaksi dilakukan ibu bersama sekitarnya didalam rumah, anak perlahan-lahan menyerap kata baru serta seringkali mengucapkannya. Meskipun tidak begitu sempurna, tetapi aktivitas seru yang bisa menstimulasi anak bicara dengan meniru merupakan pertanda baik bagi perkembangan anak.

Menstimulasi Anak Bicara – Kesimpulan

Nah, ternyata untuk melatih anak berbicara dapat dilakukan secara sederhana. Harus diingat, jika bayi terlihat bosan, sebaiknya hindarilah memaksanya teruskan aktivitas atau permainan. Biarkanlah bayi melakukan hal-hal menarik perhatian dahulu atau coba melakukan aktivitas lainnya.

Apabila ibu merasa anak harus mendapat stimulus maupun rangsangan mengembangkan kemampuan dalam berbicara, ibu dapat melakukan banyak hal secara sederhana. Hal paling penting , agar anak bisa menyampaikan apapun yang diinginkan serta dirasakan terhadap lingkungan sekitar, aktivitas seru yang bisa menstimulasi anak bicara akan menunjang anak saat ada di lingkungannya.

Leave a response

telah membeli
45 menit lalu