Diskon besar di banyak kategori produk.
0 items in your shopping cart

No products in the cart.

6 Tipe Ibu Rumah Tangga yang Baik

Dearmom – Kesuksesan merupakan keinginan yang ingin diraih oleh semua orang hidup. Pada hal inilah, tujuan-tujuan tercipta. Baik tujuan secara pribadi maupun tujuan secara kelompok. Tujuan untuk menjadi sukses ini juga menjadi panduan dan pagar bagi mereka yang memilikinya. Bagi seorang wanita, menjadi ibu yang sukses untuk keluarga tentu saja menjadi tujuan utama hidup. Namun, bagaimana cara meraih hal tersebut?

Ibu Rumah Tangga yang Baik
Ibu Rumah Tangga yang Baik

Dalam memenuhi konsep ibu sukses menurut kami, tentu banyak indikator yang harus dinilai. Mulai dari kesehatan untuk berpendapat dan didengar hingga kesehatan secara fisik maupun psikis. Namun, hal-hal ini tidaklah mutlak dan akan kemudian menjadi ukuran bagi setiap orang. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa konsep dan ukuran sukses sebagai seorang ibu untuk keluarganya dari beberapa orang.

Ibu Rumah Tangga yang Baik – Selalu Ada

Bagi Bella Nurlitasari (22) seorang ibu menjadi sukses ketika dia dapat mendampingi anaknya sejak lahir hingga dia memiliki kehidupan baru bersama keluarganya sendiri. Kesuksesan sang anak dalam menjalani hidup, menjadi hal nomor kesekian baginya. “Dalam hidup ini, pasti aja ada saatnya lo jatuh. Tapi gue inget kata-kata yang paling berkesan buat gue di film Batman Begins (2005) yang bunyinya kurang lebih begini” : “And why do we fall, Bruce? So we can learn to pick ourselves up.” tuturnya menjelaskan. Dia berpendapat bahwa sebagai ibu yang baik, dalam saat jatuhpun, harus bisa mengatasi segala sesuatunya agar bisa bangkit lagi. Dia juga berpendapat bahwa seorang ibu yang sukses mampu untuk terus mendampingi anak-anaknya dalam situasi apapun. “Baik susah ataupun senang, gue harus ngedampingin anak gue.” tuturnya menutup percakapan kami.

Ibu Rumah Tangga yang Baik
Ibu Rumah Tangga yang Baik

Ibu Rumah Tangga yang Baik – Mengatur Waktu

Bagi Sandra Hendriks (49) seorang ibu akan menjadi sukses ketika dia mampu untuk mengatur waktu. “Mama yang sukses itu mama yang mampu ngatur waktu. Bukan cuman mampu ngatur waktu buat dirinya sendiri tapi juga mampu ngatur waktu buat keluarganya.” Mampu mengatur waktu untuk keluarga yang dimaksudkan oleh Sandra adalah mampu untuk mengatur kapan waktunya keluarga untuk bersenang-senang, bercakap-cakap atau berolahraga. “Quality time. Gak perlu banyak-banyak lah. Sekali dalam 2 minggu? Sekali dalam 3 minggu? Masih oke sih. Yang penting ada quality time” tambahnya menjelaskan. “Karena, kalau jadi ibu, entah kamu mau kerja atau di rumah aja, kamu harus punya quality time. Itu cara bonding. Dan situlah aku ngerasa udah sukses jadi mama.” Tuturnya menutup percakapan kami.

Mendengar

Bagi Frederika Patty (58) seorang ibu akan menjadi sukses ketika dia dapat mendengar keluh kesah anaknya. “Mendengar dan menjadi tempat curhat bagi anak-anak merupakan kesuksesan dalam keluarga. Itu berarti anak kita percaya sama kita dan disitulah kita sudah menjadi ibu yang sukses bagi keluarga.” Menurutnya, jika anak sudah mempercayai ibunya, maka segala sesuatu akan terbuka dan keterbukaan itulah yang akan menghasilkan situasi di mana sang ibu dapat berperan penuh menjadi seorang sahabat bagi anaknya. “Kalo sudah jadi sahabat sih enak aja ngobrolnya. Lebih nyambung, lebih bisa kasih solusi. Gimana caranya ngasih solusi kalo dipercaya aja nggak“, tuturnya. Dia juga berpendapat bahwa dalam mendengar, perbedaan pendapat harus didengarkan. Karena, menurutnya anak-anak sudah berada dalam generasi yang tentu saja berbeda. “Jadi ibu itu harus menghargai pendapat anak. Karena anak tuh beda 20 tahun sama kita. Dulu kita cuman bisa main boneka, main gundu, main rumah-rumahan. Liat aja sekarang. Udah ada barang-barang canggih. Kalo mau jadi ibu yang sukses tuh, dengerin omongan mereka”, tutupnya mengakhiri pembicaraan kami.

Ibu Rumah Tangga yang Baik – Pendidikan

Ibu Rumah Tangga yang Baik
Ibu Rumah Tangga yang Baik

Tidak berbeda banyak, bagi Ellen Que (62) seorang ibu akan menjadi sukses ketika mampu menjadikan anaknya sukses. “Buat saya, seorang ibu akan menjadi sukses kalo anak-anak mampu sekolah tinggi, kerja yang layak, dapat penghasilan cukup. Itu aja.” Menurut ibu 4 orang anak ini, pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam dunia sekarang. “Kalo kita orang tua hanya bisa mengenyam sekolah sampai tingkat SMA, anaknya minimal harus S-1. Kalo orang tua S-1 yaa anaknya minimal harus S-2. Kalo orang tua S-2 anaknya minimal S-3. Nah, kalo orangtuanya S-3 anaknya kalo bisa jadi profesor. Pokoknya lebih tinggi deh”, tuturnya. Dia berpendapat bahwa itu merupakan kesuksesan yang hakiki bagi seorang ibu.

Ibu Rumah Tangga yang Baik – Keuangan

Berdasarkan pada perkataan viral : “Uang suami adalah uang istri. Tapi uang istri tetap uang istri”, Jamilaah (39) berpendapat bahwa seorang ibu yang sukses bagi keluarganya adalah seseorang yang mampu mengelola keuangan keluarga. “Buat gue nih ya, sebagai ibu, lo bisa dikatakan sukses kalo lo mampu mengelola keuangan keluarga lo secara baik. Uang buat makan, uang buat sekolah anak, uang buat liburan keluarga, uang buat jajan, eh jangan lupa juga uang buat lo manjain diri”. Menurutnya, menjadi seorang ibu yang tidak dapat mengelola keuangan, merupakan ibu yang gagal dalam status maupun gelar. “Lo ga boleh sebut diri lo ibu kalo keluarga lo dari sederhana terus jatoh miskin. Itu salah lo! Suami lo bisa aja nyari duit banyak, tapi kalo lo gabisa kelola keuangan lo, lo gausah jadi ibu”. Dia juga menekankan pentingnya mengatur keuangan demi keutuhan keluarga. “Duit keluarga lo harus lo atur biar keluarga lo ga berantakan. Ga usah muluk-muluk deh. Penuhin aja dulu kebutuhan dasar lo. Rumah buat tinggal, baju buat pake sama bahan makanan tuh harus ada setiap bulan, biar lo bisa dikategorikan jadi ibu sukses”, tutupnya.

Ibu Rumah Tangga yang Baik – Merawat Diri dan Tampil Cantik

Ibu Rumah Tangga yang Baik
Ibu Rumah Tangga yang Baik

Berbeda dengan semua pendapat di atas yang berfokus kepada anak, bagi Yulia (35) seorang ibu akan menjadi sukses bagi keluarga ketika dia mampu merawat diri dan tampil cantik setiap saat. “Buat aku ya, sukses jadi ibu tuh berarti kamu bisa ngerawat diri. Kalo rambut urakan, smoothing. Kalo muka lo rusak, pake skin care. Mandi cukup, makan cukup, olahraga cukup.” Menurutnya, seorang ibu dikatakan sukses ketika kecantikan dan penampilan tetap terjaga meskipun punya anak banyak. “Bukannya apa-apa ya, aku sih gamau suamiku jajan di luar.” Meski begitu, dia menambahkan bahwa penting untuk tetap cantik agar juga dapat menjadi panutan bagi sang anak. “Why a mom needs to look pretty? Because a mom is a woman and woman must be beautiful all the time so the kids will live by example”, tutupnya.

Dari beberapa pendapat di atas, kita dapat menemukan apa saja yang menjadi indikator penting untuk memiliki gelar ibu yang sukses untuk keluarga. Namun, bagi setiap wanita, tentu saja kesuksesan menjadi sosok ibu memiliki arti yang berbeda-beda dan hal itu sah-sah saja. Hal-hal yang telah disebutkan di atas hanya menurut tolak ukur yang didapatkan dari beberapa ibu-ibu yang tentu saja bukan ukuran mutlak bagi semua orang. Semoga moms dapat menjadi ibu yang sukses menurut versi moms sendiri ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a response

telah membeli
45 menit lalu